Hubungi Kami sman2lintongnihuta@gmail.com

Sejarah Sekolah

Example blog post alt

Sejarah Singkat SMAN 2 Lintongnihuta

Pada masa kepemimpian Bupati Drs. Maddin Sihombing, M.Si selama 2 (dua) periode tahun 2005 sampai dengan 2010 dan tahun 2010 sampai dengan 2015,  Kabupaten Humbang Hasundutan memprioritaskan pembangunan di bidang pendidikan. Diharapkan dengan kemajuan pendidikan kualitas Sumber Daya Manusia Humbang Hasundutan meningkat demi terciptanya daya saing yang tinggi di dalam maupun luar negeri. Hal ini tertuang dalam visi Kabupaten Humbang Hasundutan pada saat kepemimpinan beliau “Humbang Hasundutan Menjadi Daerah yang Mandiri dan Sejahtera” (HUTAMAS) dengan salah satu misi yaitu : Meningkatkan Profesionalisme dan Produktivitas Sumber Daya Manusia.

Diangkatnya Bapak Syamsul Arifin, S.E, Gubernur Sumatera Utara Periode 2008 sampai dengan 2013 (nonaktif tahun 2011)  menjadi Putra Humbang Hasundutan yaitu dengan dinobatkan menjadi marga Silaban, Bapak Syamsul Arifin menanyakan kepada Bupati Humbang Hasundutan apa yang bisa beliau perbuat untuk Humbang Hasundutan. Bapak Drs. Maddin Sihombing, M.Si langsung mengambil kesempatan yang baik itu dengan meminta agar di Humbang Hasundutan dibangun sekolah yang diproyeksikan menjadi sekolah unggulan untuk mendukung motto Gubernur Sumatera Utara yaitu ”Agar Masyarakat tidak Bodoh”. Keunggulan yang dimaksud adalah meliputi: Kemampuan Akademik, Sikap dan Perilaku, Kaya akan Keterampilan dan Pengetahuan, Keteguhan Iman, dan Kecakapan Hidup. Hal ini direalisasikan pada tahun 2009 yaitu melakukan program perluasan akses layanan pendidikan yang bermutu dengan membangun Unit Sekolah Baru (USB) yaitu SMA Negeri 2 Lintongnihuta yang beralamat di Desa Siponjot, Kecamatan Lintongnihuta.

SMA Negeri 2 Lintongnihuta resmi beroperasi pada tanggal 9 Juli 2012 sebagai tanda dimulainya Tahun Pelajaran 2012/2013.   Siswa yang diterima di SMA Negeri 2 Lintongnihuta berjumlah 60 (enam puluh) orang yang berasal dari Kabupaten Humbang Hasundutan dan luar Kabupaten Humbang Hasundutan. Siswa SMA Negeri 2 Lintongnihuta merupakan hasil seleksi beberapa tahapan yang dilakukan oleh Pemerintah Humbang Hasundutan bekerja sama dengan Pihak Universitas Negeri Medan. SMA Negeri 2 Lintongnihuta hingga saat ini telah meluluskan 2 (dua) angkatan dan telah menduduki Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta favorit yang tersebar di seluruh Indonesia.